Sponsor

Rabu, 24 September 2014

Heboh 6x4 dan 4x6 di Media Sosial, Bagaimana Penjelasannya?

Heboh 6x4 dan 4x6 di Media Sosial, Bagaimana Penjelasannya?

Ahmad Toriq - detikNews
Jakarta - Kehebohan soal perkalian dalam pelajaran matematika tingkat SD ramai dibahas di media sosial. Banyak yang mempertanyakan konsep pembelajaran matematika untuk siswa SD saat ini. Bagaimana penjelasannya?

Dalam kurikulum saat ini, perkalian a x b tak bisa dianggap sama dengan b x a. Contoh, 6 x 4 tidak sama dengan 4 x 6, meski hasilnya sama-sama 24. Di kurikulum yang baru, 6 x 4 sama dengan 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4, sedangkan 4 x 6 sama dengan 6 + 6 + 6 + 6.

Apa bedanya?

"Berbeda jika simbol matematis itu diaplikasikan ke soal cerita. Dari segi hasil memang iya, jumlahnya sama, tapi dari segi konsep, siswa harus mengerti bedanya," kata Dosen Matematika Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret, Sutrima S.Si., M.Si, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (24/9/2014).

Sutrima mencontohkan, 6 x 4 bisa digambarkan dengan ada 6 kotak yang tiap kotaknya berisi 4 buah jeruk. Sedangkan penggambaran untuk 4 x 6 adalah 4 kotak yang tiap kotaknya berisi 6 buah jeruk.

"Kotak yang berisi 6 jeruk, beda dengan kotak yang berisi 4 jeruk. Siswa harus tahu perbedaan konsep ini," ujarnya.

Lalu bagaimana dengan aturan penulisan? Mengapa 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 ditulis 6 x 4, bukan 4 x 6, atau sebaliknya?

Sutrima menjelaskan aturan penulisan ini seperti penuturan dalam bahasa Inggris. "6 x 4 Dibaca six times four, atau enam kali angka empat," jawabnya.

1 komentar:

  1. If you're looking to lose weight then you certainly have to start following this totally brand new custom keto meal plan.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness couches, and professional chefs have united to produce keto meal plans that are effective, decent, price-efficient, and enjoyable.

    Since their launch in early 2019, hundreds of clients have already transformed their figure and well-being with the benefits a proper keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-proven ones provided by the keto meal plan.

    BalasHapus