Sponsor

Kamis, 22 November 2012

Cara Cerdas Menjual Asuransi


Cara Cerdas Menjual Asuransi:Salam kenal untuk sobat,sekalian,pertanyaan setiap agen asuransi yang sering muncul..."bagaimana kah sebenarnya cara jitu menjual asuransi jiwa.Ini lah yang melatar belakangi terbit nya tulisan ini.Disini saya ingin berbagi sedikit pengalaman,bagi agan agan yang telah senior mohon ijin bukan menggurui.hehehehe.....serius      amat ya...oke kita lanjut ke substansinya
Sebenar nya..dalam menjual tidak ada yang namanya tehnik jitu...apalagi menjual asuransi(yang objek/produk nya abstrak)..Cara menjual setiap kita berbeda beda...bagaimana cara/tehnik yang menghasil kan closing,maka itu lah cara yang jitu...Tetapi ketika cara yang sama kita lakukan kepada orang yang berbeda belum tentu membuahkan hasil(closing).Oleh karena itu semakin banyak kita mempuyai/melakukan cara/tehnik maka semakin besar juga peluang untuk membuahkan hasil.
      Yang utama harus dimiliki seorang agent asuransi tentu nya paham dengan produk knowledge.
lalu selanjut nya penampilan, profesionalisme yang tinggi.dst.Tetapi disini penulis membahas salah satu dulu ya.....salah satu faktor utama dalam menjual asuransi adalah faktor TRUST.
      Calon nasabah/prospek tidak akan pernah membeli asuransi ketika mereka belum percaya dengan agent nya.maka hal yang pertama yang harus kita bangun adalah kepercayaan(trust).Lalu pertanyaan selanjutnya muncul,,,bagaimana agar nasabah percaya dengan agent..?Jawaban nya sederhana...kita sebagai agent harus terlebih dahulu percaya kepada calon nasabah.contoh...Ketika kita mendatangi calon nasabah/prospek dengan penuh keraguan,..ragu apakah akan di terima dengan baik,ragu apakah mereka akan membeli produk kita,ragu jangan-jangan sudah memiliki banyak polis asuransi...maka keraguan yang ada pada diri kita itu akan terpancar kepada sang prospek,sehingga prospek pun akan menerima kita dengan penuh keraguan.Kalau calon nasabah sudah ragu terhadap agent,maka mereka akan memproteksi diri,semakin kita tawarkan produk maka mereka semakin membentengi diri dan menolak.Oleh karena itu kunci pertama adalah membangun kepercayaan dengan calon nasabah.
      Saya punya pengalaman menjual asuransi,dengan membangun kepercayaan dahulu.katakan lah prospek itu bpk J.(pemilik sebuah counter HP).Beliau tidak kenal dgn saya,dan saya pun belum kenal beliau..hampir setiap 3 hari sekali ketika saya pergi ke luar kota,saya lewat counter bpk J.Suatu ketika saya isi pulsa ke counter bp J tsb.Saya beli pulsa 10rb ,harga nya 12 ribu ,lalu saya bayar dgn uang 20ribu,kebetulan bp J tidak ada uang kembalian.lalu sy katakan "sudah pak besok lagi aja"artinya saya telah invest 8ribu...Saya ingat kata  pelatih saya,kalau kita ingin mendapat sesuatu,maka kita harus lebih dulu memberi....Setelah 3 hari berlalu dan saya mampir lagi ke counter bp J,saya beli pulsa 10ribu.sisa uang saya masih ada 8 ribu.lalu saya sengaja bayar dengan uang 20rb , dan lagi lagi sisa nya tidak saya ambil.(sudah pak nanti lagi aja.nanti juga kesini lagi).artinya saya telah mempercayai beliau,saya telah invest 16ribu.Tanpa banyak pembicaraan saya pun pergi...Kali ke tiga saya mampir yaitu 3 hari berlalu..biasa isi pulsa 10rb,saya tidak bayar lagi,bahkan masih menerima kembalian...apa yang terjadi...?bp J mulai bertanya..."kerja dimana mas"saya pun menjawab saya agent asuransi pak..tetapi saya tidak prospek beliau saat itu juga.seperti biasa 3 hari berselang sy mampir lagi,ternyata bp J masih penasaran dgn saya...singkat cerita beliau bertanya lg,,asuransi apa?,sebenar nya asuransi itu bagaimana sich?nah... ini adalah kesempatan  yang di tunggu unggu....karna bp J sudah memulai bertanya lebih detil,,,maka saya pun menjelaskan konsep asuransi yang saya bawakan.apa yang terjadi sobat...tanpa kesulitan saya pun closing bp J ...Baru lah saya tau nama beliau setelah closing karna mengeluarkan KTP..dan sampe skrg bp J menjadi nasabah,teman bahkan sudah akrab bagaikan keluarga dgn saya..saya merasakan bahwa bp J membeli produk saya oleh karna beliau telah percaya full dengan saya.sekian dulu ya sobat cerita pengalaman saya...tunggu cerita pengalaman selanjutnya..semoga bermanfaat buat sobat sekalian...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar