Sponsor

Senin, 26 November 2012

Edisi Galau.."Kerja Seumur Hidup atau Wirausaha ?"


Berwiraswasta atau bisnis kecil-kecilan belakangan ini banyak dilakukan oleh para pekerja sebagai usaha sampingan. Maksudnya untuk antisipasi jika suatu waktu mereka dihadapkan pada kenyataan pahit, misalnya tiba-tiba di PHK atau berhenti bekerja. Tapi meski hitungannya kecil, melakoni bisnis bukan berarti tanpa syarat.



Kerja atau Wirausahamasing - masing memiliki resiko. Tapi Paling tidak ada kiat singkat agar bisnis berlangsung mulus. Tau nggak kiatnya apa aja..? Bagi anda yang mau berbisnis, simak deh

kiat berikut:


Siap mental

Ini adalah syarat utama jika anda akan menjalani bisnis. Karena sebagai pebisnis, anda harus siap dengan segala resiko. Termasuk resiko kerugian. Karena untung rugi dalam bisnis sudah menjadi hukum alam. So, seorang pebisnis dituntut untuk tahan banting dengan segala resiko dan kemungkinan yang tidak anda inginkan.


Siapkan modal

Tanpa modal yang memadai, rasanya sulit untuk menjalankan bisnis. Tapi jika anda tak punya modal dalam jumlah yang besar, cobalah jalani bisnis dengan modal terjangkau. Manfaatkan modal dan fasilitas yang anda punya. Jangan memaksakan diri menjalani bisnis besar sementara modal anda terbatas. Sebisa mungkin hindari peminjaman modal yang berlebihan. Hal ini untuk menghindari diri anda dari jeratan hutang yang menyulitkan di kemudian hari.


Jangan latah

Jangan ikut-ikutan menjalani bisnis yang sedang trend atau booming padahal anda tidak menguasai bisnis tersebut.

Kalau bisa juga jangan menjalani bisnis yang lebih pintar dari anda. Misalnya anda ingin melakukan bisnis warnet, tapi anda sendiri tidak mengerti internet. Kalau anda nekat menjalaninya, resiko kerugiannya akan lebih besar. Usahakan jalani bisnis yang benar-benar telah anda kuasai bidangnya.Kerja atau pun Wirausaha itu pilihan namun resikonya tetap ada.


Bermitra

Jika anda tidak menguasai bidang bisnis tertentu tapi anda punya keinginan kuat untuk menjalaninya, mungkin anda bisa menjalin kerjasama atau bermitra dengan pihak yang menguasai. Kalau bisa carilah mitra yang telah anda kenal dengan baik. Lebih bagus lagi kalau mitra anda punya tambahan modal untuk bisnis anda.


Survey

Sebelum anda benar-benar menjalani bisnis tersebut sebaiknya anda survey sejauhmana kebutuhan masyarakat terhadap bisnis yang akan anda jalani. Mungkin anda bisa mewawancarai calon konsumen. Setelah itu, lakukan publikasi dengan cara promosi ataupun iklan.


Nah sudah siapkah anda berbisnis.? Jika sudah, berarti andapun sudah siap dengan ketatnya persaingan bisnis. Kalau anda sungguh-sungguh menjalani dan sportif dalam bersaing rasanya bukan mustahil jika bisnis anda sukses. Selamat berbisnis..!
Jadi, Anda mauwirausaha atau kerja selamanya?

Source : http://www.lomoid.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar