Sponsor

Jumat, 11 Januari 2013

Fitch Tetapkan Prospek Stabil untuk Sektor Asuransi di 2013


Dalam laporan terbarunya, Fitch Ratings memberikan perkiraan positif untuk sektor asuransi jiwa dan asuransi umum di Indonesia.

Pada tahun 2013, bisnis premi asuransi di Indonesia akan terdorong oleh semakin berkembangnya pasar domestik, dan semakin menguatnya regulasi. Selain itu perkembangan sektor perlindungan jiwa, properti, kesehatan ini akan ditopang oleh meningkatnya kemakmuran di Indonesia dan kesadaran bencana alam.

Dalam rilis resmi Fitch Media Department, Senin (15/10), dikatakan penetrasi asuransi di Indonesia saat ini sebesar 1,7%; masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan prosentase seupa di AS yang menembus 8,1%, 11,8% di Inggris dan 4% di negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Dilaporkan Fitch, premi sektor asuransi di Indonesia tumbuh 15,5% yoy mencapai Rp 68,9 triliun pada semester pertama 2012.            

Lembaga pemeringkat itu memperkirakan, meningkatnya persyaratan regulasi, termasuk persyaratan modal minimum ke Rp70 miliar pada tahun 2012 dan Rp100 miliar pada tahun 2014, akan mendorong konsolidasi pasar yang lebih ketat.

Jumlah perusahaan asuransi akan menyusut, dimana sebagian asuransi yang lebih kecil akan bergabung dengan perusahaan lain untuk memenuhi persyaratan modal. Sayangnya, diperkirakan, prospek pertumbuhan industri asuransi di Indonesia masih akan terhambat oleh tingkat transparansi kelembagaan, manajemen risiko yang terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar