Sponsor

Jumat, 18 Januari 2013

Siap..Siap...Klaim Asuransi Banjir Segera Masuk




Bagian Klaim perusahaan Asuransi sepertinya akan lebih sibuk di awal 2013 ini. 

Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Kornelius Simanjuntak memperkirakan klaim asuransi terkait banjir mulai diterima perusahaan asuransi mulai 2 - 3 hari ke depan. "Ini baru hari ini peristiwanya, pagi hingga sekarang. Para tertanggung tidak langsung melapor ke asuransi, prioritas mengamankan barang-barang dan diri mereka," ucap Kornelius kepada Tempo, Kamis, 17 Januari 2013.

Kornelius belum dapat memperkirakan besaran klaim yang harus ditanggung perusahaan - perusahaan asuransi. Namun, melihat kondisi Jakarta sejauh ini, ia yakin klaim pasti ada. "Skalanya yang masih kami tunggu," ujarnya.

Mengacu pada pengalaman banjir di tahun-tahun sebelumnya, Kornelius menjelaskan, klaim terbanyak yakni klaim atas kerusakan barang-barang atau perabot dalam rumah tinggal, barang dagangan di toko, mesin di basement gedung-gedung bertingkat, hingga klaim atas kerusakan kendaraan. "Kendaraan ada yang kejebak di basement ada beberapa, ada juga jalan-jalan," katanya.

Kornelius menghimbau tertanggung agar segera menyampaikan klaim-nya agar langsung dapat ditangani perusahaan asuransi. "Lebih cepat lebih baik, sehingga penanganan klaim lebih cepat. Supaya langsung ditangani surveyor dan dilakukan tindakan-tindakan untuk mengurangi kerugian," ujarnya.

Ia berharap curah hujan mulai menurun di hari-hari ke depan sehingga dampak banjir tak meluas sebagaimana terjadi di 2007. Ditanya soal nilai klaim ketika itu, Kornelius tak ingat besarannya. "Saya lupa berapa miliar, tapi mudah-mudahan tidak sebesar itu," katanya.

Industri asuransi, diungkapkan Kornelius, cukup kaget dengan banjir kali ini. "Ini mengejutkan karena kami tidak mengira skala seperti ini," ujarnya. Apalagi, di masa-masa tahun lalu banjir biasanya tak terjadi di Januari. "Ini sesuatu yang luar biasa," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar