Sponsor

Selasa, 22 Januari 2013

Saat Klaim Banjir datang..saatnya menjual manfaat Asuransi





Banyak yang beranggapan bahwa bencana banjir yang sedang melanda beberapa wilayah di Indonesia saat ini merupakan bencana bagi sektor asuransi karena banyaknya klaim asuransi yang terjadi khususnya asuransi kendaraan.

Tapi saya berpendapat lain. Justru inilah saatnya asuransi menjual manfaat atas produk yang di jual nya. Inilah saatnya perusahaan asuransi membuktikan bahwa produk yang dijualnya benar-benar memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas. Ketika konsumen (tertanggung) benar-benar merasakan manfaat atas polis yang dimilikinya maka dia akan semakin loyal dan tanpa sadar marketing MLM (Mulut Lewat Mulut) akan berjalan dan memberikan efek lonjakan peningkatan permintaan asuransi yang semakin tinggi di masa mendatang. Hal ini saya namakan "POSITIVE CLAIM EFFECT". 

Klaim jika dipandang sebagai sesuatu yang merugikan hanya akan menjadi beban secara finansial bagi perusahaan asuransi. Inilah kesalahan utama perusahaan asuransi. Padahal jika klaim dipandang sebagai  bagian dari pemasaran , maka klaim akan di manage sedemikian rupa agar dapat menjadi alat pemasaran yang efektif bagi perusahaan asuransi. Hal ini sudah diterapkan oleh banyak perusahaan-perusahaan asuransi besar sehingga klaim yang terjadi memberikan efek lonjakan premi yang signifikan karena kesadaran masyarakat luas akan manfaat asuransi berbanding lurus dengan permintaan akan penutupan asuransi.

Jadi bagaimana perusahaan anda melihat klaim yang masuk saat ini? Panik ataukan malah melihat peluang? Hal itu akan membuktikan apakah perusahaan asuransi tempat anda bekerja perusahaan  besar atau sebaliknya.

Salam Luar Biasa.

Muhammad Taufik , AMd.As.K, AAAI-K 


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar